Teks Prosedur Kompleks

7 min read

Pada artikel kali ini, materiumum akan membahas secara lengkap tentang struktur teks prosedur kompleks dan ciri bahasa teks prosedur kompleks. Untuk itu, kegiatan yang pertama dilakukan oleh siswa adalah mencermati atau membaca contoh teks prosedur kompleks dengan saksama. Setelah itu, siswa akan menjelaskan pengertian teks prosedur kompleks, menentukan struktur teks prosedur kompleks, dan menentukan ciri bahasa teks prosedur kompleks berdasarkan contoh teks yang dibaca.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah teks atau bacaan yang berisi prosedur atau tahapan-tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dilakukan secara urut. Dalam kamus besar bahasa Indonesia “KBBI” prosedur berarti tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas, jadi sebuah teks prosedur memberi tahu kita bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian langkah atau tindakan, informasi dalam teks prosedur disajikan dengan urutan peristiwa yang logis.

Tujuan Prosedur Kompleks

Tujuan penulisan teks prosedur kompleks ialah adalah menunjukan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian berikut:

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. bahan/alat
  4. tujuan
  5. dan langkah-langkah.
  • Judul

adalah kepala karangan dari teks prosedur kompleks. Contoh: cara menggunakan mentrasfer uang lewat ATM, cara berobat di rumah sakit.

  • Pendahuluan

merupakan bagian dari teks prosedur kompleks yang isinya bersifat umum atau general.

Contoh

Judul: Cara Menyambungkan Internet dengan Modem Eksternal. Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan pada internet, salah satunya adalah perkembangan akses internet menggunakan modem eksternal.

  • Bahan atau alat

pada teks prosedur kompleks dibutuhkan terutama pada teks prosedur kompleks yang menyatakan langkah-langkah dalam membuat sesuatu.

  • Tujuan

adalah maksud yang ingin kita capai dari suatu hal.

Contoh

Berikut ini hal yang harus Anda lakukan ketika mengikuti ujian. Dengan memperhatikan hal tersebut Anda dapat mengerjakan ujian dengan baik dan lancar.

  • Langkah-langkah

adalah susunan tata cara untuk mencapai tujuan. Contoh : Pertama, siapkan peralatan tulis. Kedua, periksalah kelengkapan lembar soal dan jawaban. Ketiga, isilah identitas dengan lengkap dan benar. Keempat, kerjakan soal dengan teliti dan jujur. Kelima, periksa kembali pekerjaan Anda.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Ciri kebahasan yang ada pada teks prosedur ialah banyak terdapat konjungsi, adanya kalimat perintah, adanya kata kerja imperatif, verba material dan tingkah laku dan juga partisipan manusia secara umum, untuk lebih jelasnya lagi dapat dilihat dibawah.

  • Konjungsi

    terdapat banyak sekali konjungsi pada teks prosedur yang menyatakan waktu “kegiatan”, seperti kemudian, setelah itu, lalu dan selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir sebagai kosekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.

  • Kata kerja imperatif “perintah”

    pada teks prosedur banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan atau larangan.

  • Verba material dan tingkah laku

    verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku ialah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

  • Partisipan manusia

    dalam segi partisipan manusia secara umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosedur kompleks yang kita sunting terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.

Macam-macam Kalimat Perintah

  1. Perintah biasa: Usirlah si Pirman itu!
  2. Permintaan: Coba ambilkan kapur itu!
  3. Ajakan: Marilah kita ke masjid sekarang!
  4. Larangan: Janganlah udud di sini!

Menggunakan verba material dan verba tingkah laku

  • Verba material

Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan atau aktivitas fisik dalam suatu peristiwa/kejadian

  1. Pengendara selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi yang menilangnya.
  2. Polisi telah meringkus beberapa pemuda pelaku tawuran antargeng motor tadi malam.
  3. Kepala hakim sedang menyidang para koruptor di gedung KPK.
  4. Pirmani mendatangi Nency yang sedang membaca buku di perpustakaan.
  • Verba tingkah laku

Verba tingkah laku adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan seperti,

  1. Kakak menolak permintaan Ibu.
  2. Hakim memutuskan Farid bersalah dalam sidang yang diadakan kemarin.

Menggunakan konjungsi temporal

Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu.

Contoh:

  1. Pertama, Pak Handi mengalami kecelakaan. Kedua, dia dibawa ke rumah sakit. Ketiga,dia segera dirujuk ke UGD untuk mendapatkan pertolongan pertama.
  2. Pertama, gunakan jas lab pada saat praktikum. Kedua, lakukan percobaan. Ketiga, simpulkan hasil percobaan.
  3. Pertama, lakukan pengecekan kondisi motor sebelum berkendara. Kedua, gunakan helm. Ketiga, berkendara dengan hati-hati.
  4. Pertama, lakukan pengecekan tuduhan pelanggaran lalu lintas. Kedua, tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Ketiga, lakukan pembayaran ke bank. Keempat, berikan bukti penyerahan surat yang dititipkan.

Rangkuman Teks Prosedur Kompleks

Berdasarkan materi yang baru saja dijelaskan diatas oleh materiumum.com, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Tes prosedur kompleks adalah teks yang memberikan petunjuk untuk melakukan atau menggunakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.
  2. Struktur Teks prosedur kompleks mencakup judul, abstrak, bahan ajar, tahapan/prosedur
  3. Ciri bahasa Teks prosedur kompleks sebagai berikut.
    1. Menggunakan penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan
    2. Menggunakan kata kerja untuk kalimat imperatif/perintah
    3. Menggunakan pengembangan paragraf proses

Untuk membuat sesuatu pastilah ada prosedurnya.Prosedur itu berupa langkah-langkah yang harus berurutan.Tulisan yang memuat petunjuk untuk melakukan atau menggunakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut dikelompokkan ke dalam teks prosedur.

Di dalam teks prosedur kompleks ini biasanya dipaparkan suatu isu atau persoalan tentang topik tertentu.Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat terlepas dari penggunaan teks prosedur yang berupa lisan, tulisan, atau multimodal seperti gambar.

Sebagai contoh, orang menerapkan teks prosedur untuk menjalankan mesin cuci, untuk mengurus SIM, KTP, paspor, atau surat-surat penting yang lain untuk berobat di rumah sakit, dan untuk menjalani kegiatan lain yang membutuhkan langkah-langkah tertentu.

Jadi,Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang berupa tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus di tempuh untuk mencapai tujuan yang berbentuk eksposisi atau penjabaran yang jelas.Langkah-langkah di sini merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya.Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.

Struktur Teks prosedur kompleks mencakup judul, abstrak, bahan ajar, tahapan/prosedur. Ciri bahasa Teks prosedur kompleks menggunakan penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan, menggunakan kata kerja untuk kalimat imperatif/perintah, menggunakan pengembangan paragraf proses.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Berikut adalah contoh jadi penggunaan teks prosedur kompleks. Contoh berikut diharap dapat menjadi referensi anda dan lebih memahami tentang teks prosedur kompleks sehingga dapat membuat dan menyusun teks prosedur kompleks yang baik dan benar.


[Contoh 1]

Teks Prosedur Kompleks Cara Merawat Komputer Pribadi

Tidak diragukan lagi bahwa anda semua memiliki perangkat elektronik yang bernama komputer di rumah anda. Komputer sudah menjadi barang wajib yang harus ada di setiap rumah. Komputer adalah barang yang sangat berguna untuk melakukan banyak pekerjaan seperti pekerjaan kantor sampai dengan hiburan. Tidak hanya menonton film atau video, tapi komputer juga sering digunakan untuk bermain game. Namun sadarkah anda jika semakin lama dinyalakan kemampuan komputer akan semakin lama semakin menurun?

Biasanya komputer digunakan secara aktif oleh orang-orang kebanyakan lebih dari dua belas jam. Atau bahkan ada juga yang selama berhari-hari tidak dimatikan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu pemicu cepat rusaknya komputer anda. Jika komputer anda rusak mau tidak mau harus mengeluarkan biaya untuk membetulkannya. Bahkan jika kerusakannya sudah fatal anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Untuk itulah sebaiknya kita tahu beberapa tips merawat komputer yang sederhana di bawah ini.

  1. Menjaga kebersihan komputer

Hal pertama yang harus dicatat dalam tips merawat komputer yang sederhana adalah dengan membersihkannya sesering mungkin. Bersihkan semua bagiannya, seperti casing, monitor, keyboard, mouse, motherboard, power supply, dan lain-lain. Untuk bagian luarnya, anda bisa menggunakan cariran khusus yang sudah terpercaya. Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan mereka yang sudah ahli, sedangkan untuk bagian dalamnya anda bisa menggunakan kuas.

Hal kedua yang juga penting dalam tips merawat komputer yang sederhana adalah untuk menghindari makan saat sedang menggunakan komputer. Walaupun anda yakin bahwa anda sudah makan dengan rapi, namun tetap saja remah-remah makanan dan juga abu rokok akan menempel pada komponen komputer sehingga membuat lebih mudah rusak. Hindarilah kebiasaan ini agar komputer anda tetap terjaga kebersihannya.

  1. Lepaskan perangkat yang tidak terpakai lagi

Biasanya hal ini sering anda lupakan karena sedang terburu-buru atau bahkan ada beberapa yang malas karena merasa barang-barang tersebut akan sering digunakan jadi untuk apa repot-repot dilepas. Namun bagi anda yang ingin tips merawat komputer yang sederhana, anda harus selalu mengeluarkan CD/DVD dari CD/DVD drive agar komputer anda tidak selalu mengecek isi dari CD/DVD tersebut sehingga CD/DVD drive anda akan bertahan lama atau tetap awet. Lakukan juga hal yang sama dengan flashdisk atau hardisk.

  1. Jauhkan dari binatang-binatang seperti cicak, kecoa, atau semut

Nah binatang-binatang ini sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam CPU anda. Begitu juga dengan anda yang memiliki laptop, jangan sampai semut-semut tersebut masuk ke dalam daerah keyboard anda karena mereka bisa masuk mesin dan merusak perangkat dalam komputer anda. Bisa jadi CPU yang dimasuki oleh cicak atau kecoa menyebabkan terbakarnya power supply anda. Jadi tips merawat komputer yang sederhana ini tolong lebih diperhatikan.

  1. Jaga suhu komputer

Perhatian bagi anda yang sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Pastikan suhu CPU komputer anda selalu dalam keadaan dingin, terutama processornya. Sangat disarankan untuk menambahkan kipas pendingin atau bisa juga dengan collong fan dan blower untuk menjaga kestabilan suhu processor anda.

Jika perlu anda bisa juga memasang program atau software yang bisa membantu untuk mendinginkan processor. Sedangkan untuk monitor anda, lakukan dengan mengatur setting pada screen saver dan power saving. Itulah beberapa tips merawat komputer yang sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghindari kerusakan. Rajin-rajinlah merawat komputer anda agar tidak cepat rusak.


[Contoh 2]

Teks Prosedur Kompleks – Apa yang harus Anda lakukan jika terkena tilang?

  • Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan ha lini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
  • Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat petugas polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur.Jangan hentikan kendaraan Anda jika orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)
  • Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbingmasyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali.Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
  • Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
  • Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecual ikendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas.
  • Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternative terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut.Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu.Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda.Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari siding memerlukan waktu 5-12 hari.Barang sitaan baru dapat di kembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.

[Contoh 3]

Teks Prosedur Kompleks – Cara Mencuci Pakaian Agar Lebih Bersih

Mencuci pakaian adalah rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Ini merupakan kegiatan yang mudah dan tampak sepele. Kendati demikian, ada banyak hal yang harus kita perhatikan agar pakaian yang dicuci menjadi benar-benar bersih dan tidak rusak akibat kesalahan-kesalahan tertentu. Berikut ini, saya akan memberikan langkah-langkah tentang bagaimana cara mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan benar.

  1. Taruh pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci

Mesin cuci, secara umum mempunyai dua sisi. Sisi sebelah kiri merupakan bagian yang lebih besar dan digunakan untuk mencuci pakaian Anda. Sementara itu, sisi kanan yang mempunyai lubang lebih kecil digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci.

Pertama, tentu Anda harus mencuci terlebih dahulu. Masukkan pakaian-pakaian ke dalam sisi sebelah kiri. Pastikan tidak ada satupun pakaian yang luntur karena warnanya bisa bercampur antara satu dengan yang lainnya. Kemudian, Anda juga harus memisahkan pakaian yang mudah melar. pakaian-pakaian yang mudah melar seperti sweater akan buruk hasilnya apabila dicuci menggunakan mesin. Cara mencuci seperti itu akan menghasilkan pakaian yang benar-benar melar dan sudah barang tentu tak indah lagi dipandang serta tak nyaman dipakai.

  1. Isi air secukupnya

Beri air secukupnya pada sisi kiri dimana Anda telah memasukkan pakaian tadi. Air secukupnya yang dimaksud adalah air tersebut telah menenggelamkan seluruh pakaian. Setelah air dirasa cukup, beri detergen secukupnya dan putar tombol ke arah waktu 10 menit. Nantinya turbin yang ada di dalam mesin cuci akan bergerak memutar dan menggerakkan pakaian Anda.

10 menit kemudian, buang air cucian tersebut dengan memutar tombol ke arah “drain”. Setelah pembuangan air selesai, Anda harus memutar tombol tersebut ke arah semula dan isi kembali air sesuai dengan takaran awal tadi. Putar tombol ke arah 10 menit dan biarkan. Ulangi proses tersebut selama 3 kali dengan tujuan agar pakaian Anda bersih dan bebas dari debu atau kotoran yang menempel.

  1. Keringkan pakaian

Buka penutup sisi bagian kanan dan ambil pakaian. Masukkan pakaian ke sisi kanan, tutup rapat, dan putar tombol yang ada di bagian atas pengering. Putar hingga ke angka 5, yang berarti prosesnya akan berjalan selama 5 menit. Lakukan proses ini satu kali saja, kemudian jemur pakaian yang telah dikeringkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *