SK Komite Sekolah DOC PDF

2 min read

SK Komite Sekolah Doc Download Terbaru 2020 – Dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan khususnya sekolah tentu tidak lepas dari birokrasi berkas dan dokumen. Misal untuk keperluan laporan dana atau pelaporan pajak, tentu saat membuat laporan BOS yang dibuat dengan format K1, K2, K3, K4. K5, K6 K7, K7a. Diperlukan pula dokumen atau berkas pelengkap seperti profil sekolah hingga SK Komite Sekolah.

Berikut ini adalah contoh dokumen SK Komite Sekolah dalam bentuk format WORD .DOC/.DOCX dapat dibuka dengan berbagai yaplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word maupun Open Office. Dokumen ini dapat di download dan dimodifikasi sesuai keperluan, dapat digunakan oleh sekolah SD, SMP, SMA, MI, MA, dan SMK tahun pelajaran 2019/2020 – 2020/2021.

Contoh Dokumen SK Komite Sekolah

as

Download SK Komite Sekolah DOC

 

Apa itu Komite Sekolah?

Komite Sekolah sendiri merupakan sebuah lembaga mandiri yang ada pada lingkungan sekolah. Lembaga ini berperan sebagai pengawas untuk meningkatkan mutu pelayanan sekolah dengan member pertimbangan, arah dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan (sekolah).

Terbentuknya komite sekolah berdasarkan atas keputusan mentri nasional No.014/U/2002 tanggal 2 april 2002 maka Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3) dinyatakan tidak berlaku lagi. Sebagai gantinya pada tingkat satuan dapat dibentuk komite sekolah atas prakarsa masyarakat. UUSPN No 20 tahun 2003 pasal 56 ayat 3 menyatakan bahwa komite sekolah / madrasah sebagai lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan (sekolah).

Tugas dan Tujuan Komite Sekolah

Tugas utama komite sekolah adalah :

  1. Menyusun AD dan ART Komite Sekolah.
  2. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
  3. Melakukan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
  4. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan masyarakat.
  5. Memberi masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada sekolah mengenai: – kebijakan dan program sekolah, RAPBS, kriteria kinerja sekolah, kriteria tenaga kependidikan, kriteria fasilitas pendidikan, dan hal-hal lain yang terkait dengan pendidikan.
  6. Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan.
  7. Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
  8. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah.

Fungsi Komite Sekolah

Fungsi komite sekolah untuk menjalankan peran yang telah disebutkan di muka, komite sekolah memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
  2. Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/ organisasi/dunia usaha dan dunia industry (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu

Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat.

Peran Komite Sekolah

Keberadaan komite sekolah harus bertumpu pada landasan partispasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan hasil pendidikan di satuan pendidikan/ sekolah. Oleh karena itu, pembentukan komite sekolah harus memperhatikan pembagian peran sesuai posisi dan otonomi yang ada. Peran komite sekolah adalah :

  1. Sebagai lembaga pemberi. Pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan.
  2. Sebagai lembaga pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
  3. Sebagai pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparasi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan.
  4. Sebagai lembaga mediator (mediator agency) antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan

Komite Sekolah bisa menjalankan peran dan fungsinya sebagai penunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang sejalan dengan kondisi dan persoalan lingkungan masing-masing sekolah.

Komite sekolah bisa melaksanakan fungsinya sebagai partner sekolah dalam mengadakan sumber-sumber daya pendidikan dalam rangka melaksanakan pengelolaan pendidikan yang mampu mewujudkan fasilitas bagi guru dan peserta didik untuk belajar sehingga pembelajaran akan menjadi lebih efektif.

Cara Membuat SK Komite Sekolah yang Benar

Dalam membuat berkas SK Komite Sekolah, anda harus memperhatikan bagian-bagian SK yang sesuai dengan prosedurnya. Ada komponen penting dalam menyusun SK Komite Sekolah antara lain;

  1. Konsiderans

Konsiderans merupakan bagian surat keputusan yang isinya adalah landasan hukum yang menjadi pertimbangan pembuatan surat keputusan, yang terdiri dari sub topik seperti menimbang, mengingat, membaca, mendengar, dan memperhatikan.

  1. Diktum

Diktum merupakan bagian surat keputusan yang isinya adalah butir-butir ketetapan. Diktum merupakan isi inti sebuah surat keputusan. Apa pun itu yang akan ditetapkan oleh pengambil keputusan, semuanya dihimpun dalam diktum. Contohnya yaitu menetapkan, pertama, kedua, ketiga, keempat.

  1. Desideratum

Desideratum merupakan bagian yang berisi tujuan (untuk apa) surat keputusan tersebut dibuat. Setiap surat keputusan yang dibuat tentunya memiliki suatu tujuan. Tujuannya sendiri bisa satu atau lebih. Desiratum biasanya terdapat dalam konsideran dan juga pada Diktum, berikut ini adalah contohnya (huruf dicetak tebal dan di italic).

Desideratum di dalam konsideran : “bahwa untuk dapat memperlancar Proses Pembelajaran dan penyelesaian administrasi pada SMP Negri 3 Rambang Dangku semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 harus ditetapkan pembagian tugas Guru.” (Penerbitan Surat Keputusan memiliki tujuan untuk menetapkan pembagian tugas guru).

Desideratum di dalam Diktum: “keputusan ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.” (Penerbitan surat keputusan memiliki tujuan untuk memihak pihak tertentu supaya mengetehahui dan melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *