Pengertian dan Komponen Kurikulum K13 Serta Contohnya

1 min read

Komponen Kurikulum K13 dan Pengertian

Komponen Kurikulum K13, Pengertian dan Contoh – Dalam proses dan penyelenggaraan pendidikan, diperlukan adanya kurikulum. Kurikulum sendiri memiliki pengertian sebagai parangkat pembelajaran yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan pusat dan harus menjadi pedoman dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Kurikulum pendidikan di Indonesia sendiri telah mengalami beberapa perubahan dan penigkatan sesuai dengan kompetensi, dimana yang terbaru adalah Kurikulum 2013 atau K13.

Kurikulum K13 hadir sebagai bagian dari usaha untuk mewujudkan pendirikan terbaik bagi siswa dan siswi sekolah di Tanah Air. K13 memiliki beberapa komponen dan fungsi tersendiri. Berikut akan diulas dan dijelaskan komponen dan fungsi K13.

Komponen dan Fungsi Kurikulum 2013

Pengertian dan arti kurikulum seperti yan dijelaskan sebelumnya, merupakan seperangkat pembelajaran yang harus menjadi pedoman dalam semua proses belajar-mengajar. Sementara, pengertian kurikulum menurut para ahli adalah semua perangkat pembelajaran yang sengaja dirancang dan dijalankan baik secara individual maupun secara berkelompok (Kerr, 1968). Perangkat pembelajaran yang dirancang tersebut dapat dijalankan di sekolah maupun di luar sekolah. Kemudian Beuchamp menjelaskan pula bahwa perangkat tersebut berupa dokumen tertulis yang berisi beberapa mata pelajaran. Mata pelajaran tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan akan diajarkan kepada para peserta didik.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, maka dapat dipahami bahwa Kurikulum adalah – seperangkat pembelajaran yang menjadi pedoman proses belajar-mengajar di Indonesia. Perkembangan kurikulum di indonesia sendiri terbilang cukup pesat. Beberapa Indonesia mengalami perubahan, hingga yang saat ini sedang digunakan dikenal dengan sebutan K13.

K13 memiliki beberapa komponen dan fungsi. Berikut ini 4 komponen yang dimiliki oleh K13.

Komponen Kurikulum K13

1. Komponen Tujuan
Jika menyimak kembali pengertian kurikulum di atas, maka sudah tentu K13 memiliki tujuan yang berkaitan dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan kata lain, kehadiran K13 ini juga turut serta dalam mewujudkan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Tujuan pendidikan terdiri atas empat hal, yaitu Tujuan Pendidikan Nasional, Tujuan Institusional, Tujuan Kurikuler, dan Tujuan Instruksional.

2. Komponen Isi
Komponen Kurikulum 2013 (K13) berikutnya adalah komponen isi. Komponen meliputi segala hal yang akan diterima oleh peserta didik melalui proses belajar-mengajar yang diikutinya. Mulai dari jenis mata pelajaran yang akan dipelajari, hingga program dari masing-masing mata pelajaran tersebut.

3. Komponen Metode
Komponen kurikulum selanjutnya adalah komponen metode. Komponen meliputi segala unsur yang terlibat dalam sebuah perencanaan guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada komponen ini, para pendidikan juga dituntut untuk memiliki kreativitas dalam memilih metode yang akan digunakan. Sehingga peserta didik dapat mengikuti proses belajar-mengajar dengan optimal.

4. Komponen Evaluasi
Komponen terakhir dari K13 adalah komponen evaluasi. Pada dasarnya komponen memiliki peran dalam memberikan penilaian terhadap suatu proses pembelajaran yang telah dilakukan. Agar dapat melakukan evaluasi secara benar, maka ada beberapa empat hal yang diperhatikan, yaitu evaluasi harus tervaliditas, reliabilitas, efisiensi, dan bersifat praktis.

Di samping memiliki komponen, K13 memiliki fungsi dalam dunia pendidikan Indonesia. Fungsi kurikulum 2013 meliputi beberapa hal yaitu, fungsi penyesuaian, integrasi, diferensiasi, persiapan, pemilahan, dan diagnostik. Misalnya fungsi diferensiasi, K13 menjadi alat yang dapat digunakan dalam memberikan pelayanan kepada masing-masing peserta didik yang berbeda satu sama lainnya. Kemudian peserta didik juga berhak menentukan program pembelajaran sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Hal ini senada dengan pengertian kurikulum sebagai diungkapkan sebelumnya.

Demikianlah beberapa informasi seputar Pengertian kurikulum 2013, beserta komponen dan fungsinya. Semoga informasi-informasi tadi dapat berguna dalam menambah wawasan Anda tentang dunia pendidikan di Indonesia, khususnya Kurikulum 2013 ini.

Referensi:

Komponen k13, komponen kurikulum k13 dalam pengembangan perangkat pembelajaran pkn, komponen kurikulum 2013 beserta contohnya, komponen kurikulum 2013

Teks Eksplanasi

Ariana
7 min read

Sifat Wajib dan Mustahil Allah

Ariana
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *