site traffic analytics

Pengertian Analisis Dalam Bahasa dan Kegunaanya



Apa sebenarnya yang dimaksud dengan analisis itu? Analisis ini bisa dijabarkan sebagai aktifitas dalam memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedah, memilah suatu hal untuk digolongkan dan dikelompokkan sendiri sesuai dengan kriteria tertentu yang selanjutnya dicari hubunganya dan diartikan apa maknanya.

Analisis dalam pengertian lain dapat disebut sebagai sikap atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) sampai mampu menguraikan menjadi bagian-bagian, serta mengenal kaitan antar bagian tersebut dalam keseluruhan. Selain itu, analisis juga dapat diartikan sebagai kemampuan dalam memecahkan atau mengurai informasi atau materi yang ada menjadi berbagai komponen lebih kecil lagi untuk memudahkan pihak dalam memahaminya.

Dalam KBBI sendiri, analisis diartikan dalam berbagai bentuk;

  1. Penyelidikan suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya);
  2. Dalam Manajemen, Analisi merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan
  3. Dalam bidang Kimia, penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya;
  4. Penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya;
  5. Pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya;

Sedangkan dalam linguistik atau bahasa itu sendiri, analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Meski begitu, dalam Perkembangannya, penggunaan kata analisis sendiri mendapat sorotan dari kalangan akademisis, terutama kalangan ahli bahasa. Penggunaan yang seharusnya adalah kata analisis. hal ini dikarenakan kata analisis merupakan kata serapan dari bahasa asing (inggris) yaitu analisys dan akhiran -isys sendiri diserap dalam bahasa Indonesia menjadi -isis.

Dari berbagai pengertian analisis di atas, bisa disimpulkan bahwa analisis sendiri merupakan sekumpulan aktifitas dan proses dalam memahami sesuatu. Salah satu dari kegiatan analisis adalah mengolah sejumlah data yang masih mentah untuk dijadikan informasi yang dapat dengan mudah dipahami. Semua bentuk analisis bertujuan untuk menggambarkan pola secara konsisten dalam data sehingga hasil data tersebut dapat dengan mudah dimengerti.

Leave a Comment