Juz Amma – Juz’30

Juz ‘Amma (bahasa/tulisan Arab: جز عمّ‎) atau disebut juga dengan Juz 30 , merupakan bagian Juz yang terakhir dalam Al-Quran. Juz ini ditandai dengan kata pertama عم (trans: ‘amma) pada surah An-Naba’ ayat satu dan berakhir dalam Surah An-Naas ayat 6. Sebagian besar surah dalam juz ini adalah surah-surah pendek dari surah yang turun di Mekkah. Beberapa surah yang turun di Madinah hanya Surah Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, dan An-Nasr.

Berikut adalah susunan lengkap Juz Amma dalam tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan lengkap bahasa Indonesia dan Inggris

Juz Amma – Arab Latin dan Terjemahan Indonesia Inggris

Dalam tradisi dan kebiasaan masyarakat muslim di Indonesia, Juz 30 atau Juz ‘Amma lebih banyak diketahui dari kitab yang disusun secara tunggal atau Alquran dalam buku khusus yang hanya menuliskan surah-surah terakhir dalam Juz 30.

Kini, kitab-kitab tunggal Juz ‘Amma dalam pendidikan dan pembelajaran Alquran kebanyakan digunakan dalam tahap kedua dalam belajar membaca Alquran, setelah fase pengenalan huruf Hijaiyah melalui metode Iqra atau metode serupa lainnya sebelum mempelajari dan membacakan Alquran dengan jumlah Juz yang lengkap. Urutan nomor surah Alquran yang tercantum adalah surah 78 hingga 114.

Dalam Al Qur’an pada Juz ‘Amma ini, Surah dengan ayat terbanyak dalam surah ini adalah Surah An-Nazi’at dengan 46 ayat, diikuti Surah ‘Abasa dengan 42 ayat, dan Surah An-Naba’ dengan jumlah 40 ayat. Surah terpendek dalam Alquran juga terdapat dalam bagian juz ini, yakni Surah Al-Kausar dengan jumlah 3 ayat.

Juz Amma, Juz Terakhir dengan Surat Terbanyak

Juz Amma atau juz ke-30 merupakan juz dengan jumlah surat terbanyak di Al Quran. Di dalam Juz Amma terdapat 37 surat pendek yaitu diawali dengan surat An-Naba’ kemudian diakhiri oleh surat An-Naas. Sebagian besar surat-surat pendek ini merupakan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Mekkah seperti surat Al-Ikhlas, Al-Kautsar, An-Naas dan lain sebagainya. sedangkan surat yang diturunkan di Madinah adalah surat Al-Bayyinah, surat Az-Zalzalah, serta surat An-Nasr.

Ciri surat yang diturunkan di Mekkah adalah surat tersebut pendek, mempunyai tatanan kalimat yang indah dan enak didengar, isi surat menyentuh, serta berisi ayat-ayat yang kuat dan tidak terbantahkan. Sedangkan karakteristik surat yang diturunkan di Madinah antara lain memiliki ayat yang panjang, memakai kalimat dan ungkapan yang menjelaskan syariah, biasanya membahas tentang hukum sehingga isi surat sangat mendalam dan kokoh.

Dari 37 surat-surat pendek di dalam Juz Amma terdapat satu surat yang memiliki ayat terbanyak yaitu Surat An-Nazi’at yang mempunyai 46 ayat. Sedangkan surat dengan ayat paling sedikit yaitu surat Al-Kautsar yang jumlah ayatnya ada tiga. Seluruh surat-surat pendek tersebut di bacakan setelah surat Al-Fatihah pada saat melaksanakan shalat baik yang wajib maupun sunnah.

Keutamaan Membaca dan Menghafal Juz Amma

Menghafal Juz Amma tentunya mempunyai keutaman tersendiri mengingat salah satu rukun iman yaitu mengimani Al Quran yang di dalamnya terdapat Juz Amma. Beberapa keutamaan tersebut yaitu:

  • Menghafal maupun membaca Juz Amma adalah perbuatan mulia.
  • Berdasarkan Hadist Rasulullah (SAW) Sallawahhualaihi Wasalam, orang yang membaca Al Quran akan diberi syafaat pada hari kiamat nanti.
  • Dengan membaca dan memahami Juz Amma kita akan mendapat petunjuk.

Tentunya, kita sebagai hamba Allah tidak hanya diwajibkan mengimani Al Quran yang di dalamnya terdapat Juz Amma dengan cara menghafal maupun membaca tetapi juga karena kita membutuhkan syafaat dan petunjuk dari Allah Subhanallahu wataala.
Surat-surat yang Memiliki Keutamaan

Juz Amma memiliki banyak surat dengan keutamaan-keutamaannya masing-masing. Di antaranya yaitu:

  • Surat Al-Ikhlas. Keutamaan surat ini yaitu dapat mencegah manusia dari perbuatan nifaq. Keutamaan lainnya yaitu membaca surat Al-Ikhlas
  • sama seperti membaca sepertiga AL Quran (Di jelaskan dalam HR. Al-Bukhari)
  • Surat Al-Falaq. Surat ini memiliki keutamaan yaitu bisa mencegah seorang hamba dari sifat mudah hasud dan dengki (iri hati)
  • Surat An-Naas. Surat terakhir di Al Quran ini dapat mencegah manusia dari kebimbangan
  • Surat Al-Kafirun. Keutamaan yang dimiliki oleh surat ini yaitu dapat mencegahkan manusia dari kufur ketika sakaratul maut datang
  • Surat Al-Kautsar. Surat yang memiliki ayat terpendek ini dapat mencegahkan manusia dari permusuhan.

Masih banyak keutaman surat-surat dalam Juz Amma. Apabila membaca ayat Al Quran, entah surat di Juz Amma maupun Surat di Juz lain, Allah akan memberi kebaikan-kebaikan kepada hamba tersebut dan kelak diberi syafaat oleh Rasulullah Sallawahu’alaihi’wasalam di Yaumul Akhir nanti.