Contoh Daftar Riwayat Hidup CV / Curriculum Vitae Terlengkap & Terbaru




Dalam mencari pekerjaan, selain surat lamaran kerja, tentunya diperlukan dokumen lain yatu daftar riwayat hidup atau Curriculum vitae. Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup ini merupakan dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

Selain memberikan informasi dan kualifikasi pelamar kerja, CV yang menarik dapat menjadi nilai plus bagi anda dibandingkan pelamar yang lain yang membuat CV biasa saja. Untuk itu berikut materiumum akan menjelaskan langkah langkah membuat CV atau daftar riwayat hidup yang baik dan menarik serta beberapa contoh CV daftar riwayat hidup untuk referensi.

Komponen Dalam Menyusun Daftar Riwayar Hidup

Sebelum menyusun daftar riwayat hidup atau CV, tentunya kita harus mengetahui apa saja isi dari CV. terdapat beberapa poin penting yang perlu anda cantumkan dalam membuatnya. Berikut komponen penyusunan dalam sebuah daftar riwayat hidup atau CV. Beberapa di antaranya, :

1. Identitas Diri

Identitas diri ini disebutkan sedetail mungkin mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan lain – lain.

2. Riwayat Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan yang pernah anda tempuh. Mulai dari awal hingga pendidikan terakhir. Riwayat pendidikan ini biasanya terdiri dari 2 kategori yaitu pendidikan formal dan pendidikan non-formal (jika ada).

3. Pengalaman Kerja dan Pengalaman Organisasi

Jika sebelumnya anda sudah pernah bekerja, tidak ada salahnya jika kita mencantumkan riwayat pengalaman kerja kita. Terkadang sebuah perusahaan menginginkan seseorang yang pernah memiliki pengalaman kerja. Namun apabila anda belum pernah bekerja, alangkah baiknya jika mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri.

4. Keahlian Khusus

Cantumkan juga keahlian khusus yang anda miliki, keahlian khusus yang dimaksud di sini adalah keahlian khusus yang berkaitan dengan pekerjaan atau posisi yang anda inginkan. Biasanya seorang HRD perusahaan akan melihat daftar keahlian khusus ini sebagai bahan pertimbangannya.

Berikut beberap contoh CV (Curriculum Vitae) yang dapat anda contoh jika sewaktu-waktu hendak digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Ini adalah contoh pembuatan daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja atau baru lulus kuliah maupun sekolah. Daftar riwayat hidup dibuat sederhana namun berisi poin-poin penting terkait data pelamar kerja.

[su_box title=”Daftar Riayat Hidup Fresh Graduate”]DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  1. Nama: Joko Sunaryo
  2. Tempat Tanggal Lahir: Kediri, 12 Februari 1987
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  4. Status: Belum Kawin
  5. Alamat: Jl. Merah Putih No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Selatan 5030
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Islam
  8. Nomor Handphone: 0811 232 3393
  9. Email: jk.snaryow@gmail.com

Pendidikan:

  1. SD N 19 Jakarta 1993 – 1998
  2. SMP Negeri 13 Jakarta 1998 – 2001
  3. SMA Negeri 23 2001 – 2004
  4. Universitas Indonesia (Ekonomi) 2004 – 2008

Pengalaman Organisiasi:

  1. Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2004 – 2007.

Minat dan keahlian:

  1. Mampu berbicara dan presentasi dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis
  4. Menguasai Bahasa Inggris

 

Hormat saya

 

Joko Sunaryo[/su_box]

Contoh Daftar Riwayat Hidup Singkat

Ini adalah contoh jadi daftar riwayat hidup/CV singkat langsung menunjukkan poin-poin penting yang diperlukan.

[su_box title=”Daftar Riwayat Hidup / CV Singkat”]

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

Nama : Andini
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 11 Maret 1995
Alamat lengkap : Jl. Imogiri Timur Km.12,8 Puton, Trimulyo, Jetis Yogyakarta
Jenis Kelamin : Perempuan
Warga Negara : Indonesia
No. Telp : 081234423
PENDIDIKAN
  1. SD N 2 Yogyakarta
  2. SMP Negeri 1 Yogyakarta
  3. SMA 7 Yogyakarta

PENGALAMAN KERJA

  1. Sari Warna

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya serta menurut keadaan yang sebenarnya.

Hormat saya,

 

 

Andini[/su_box]

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

 

[su_box title=”Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae Bahasa Inggris”]

Curriculum Vitae

 

Personal Details

Name : Johan Liebert

Address : JI. Gunung Batu, Bogor, West Java 16128

Phone Number : 0812 000 00 000

Place & Date of Birth Gender :  Bogor, June 1988

Marital Status : Single

Religion : Islam

Nationality : Indonesian

Educational Background

  1. 1992 – 1999 Indonesia International, Elementary School, Bogor
  2. 1999 – 2002 Junior High School / SMPN 07 Bogor
  3. 2002 – 2005 Senior High School SMAN 01 Bogor
  4. 2005 – 2008 Accounting Degree University of Indonesia GPA = 3.85 (scale 4)

Job Experiences

  1. August -September 2008 On the job training at PT. Rajawali Raya (Persero) Bogor
  2. January, 2010 English Course at Bogor English Course Education Centre
  3. On June 2012 TOEFL Test at Gajah Mada University
  4. 2013-2014 Marketing in Finance Companies
  5. Computer skills
  6. Web Design, Programming, Internet Marketing, Micro- I soft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, making software, Corel Draw, Adobe Photoshop.

Personality

Good attitude, kind, communicative, diligent, tolerant, target  oriented, discipline, honest, and be responsible.

Bogor, 25 March 2015

 

Johan Liebert[/su_box]

Contoh CV Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV yang Benar dan Menarik

Membuat CV merupakan proses awal sebelum kamu melamar kerja di perusahaan yang kamu inginkan. CV yang memikat hati HRD adalah modal yang harus kamu punyai untuk beroleh pekerjaan yang kamu idam-idamkan.

Jika kamu masing bingung bagaimana langkah untuk membawa  CV yang menarik, maka jangan khawatir. Berikut ini adalah tahap demi tahap yang harus kamu melaksanakan didalam membawa dampak CV agar menarik.

Langkah 1 : Melakukan Job Research

Melakukan Job Research mempunyai tujuan untuk sadar secara cermat perihal informasi perusahaan dan pekerjaan yang bakal kamu lamar. Langkah awal ini benar-benar mutlak sebelum saat kamu terasa membawa dampak CV. Beberapa hal yang harus kamu memperhatikan :

  • Cari informasi perihal syarat melamar kerja. Catat informasi-informasi mutlak berkaitan dengan syarat-syarat pelamar dan hal-hal yang terkait dengan posisi yang di tawarkan seperti keterampilan yang harus kamu miliki, usia dan pengalam kerja yang harus kamu penuhi.
  • Gali informasi perihal perusahaan sebanyak-banyaknya. Dalam profil perusahaan, umumnya terdapat visi, misi, dan nilai-nilai yang benar-benar dijunjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Serta etos kerja karyawan di perusahaan tersebut terhitung harus kamu cermat terlebih dahulu.

Langkah 2 : Cari Informasi Tentang CV

Setelah kamu sadar informasi secara cermat dan lengkap perihal perusahaan yang bakal kamu lamar, kini saatnya untuk menggali informasi perihal CV yang bakal kamu buat.

Walaupun kamu sudah memahami apa itu CV, tapi kamu terhitung harus selalu mengupdate informasi perihal CV. Oleh karena itu, melaksanakan beberapa langkah tersebut ini :

Ketahui Isi CV pada umumnya. Bagi kamu yang notabane frash graduete, sadar isikan CV pada umumnya merupakan langkah yang bakal mempermudah kamu didalam membawa dampak CV. Pada umumnya hal-hal yang terdapat didalam CV adalah sebagai tersebut :

  • Identitas diri – nama lengkap, alamat, nomor telepone, dan alamat email.
  • Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK
  • Personality – pembawaan dan pembawaan yang kamu miliki
  • Proyek dan pengalaman kerja – hal yang udah kamu melaksanakan terhadap pekerjaan sebelumnya
  • Training / pelatihan – pelatihan yang udah kamu ikuti 2 – 3 tahun terakhir
  • Informasi lain perihal diri kamu – hobi, referensi atau hal lain perihal diri kamu yang terkait dengan pekerjaan yang bakal kamu lamar.

Langkah 3 : Mulai Membuat CV

Setelah kamu peroleh informasi perihal CV dan menentukan desain yang sesuai dengan selera kamu, kini saatnya kamu terasa membawa dampak CV. Apabila kamu melaksanakan langkah pertama dan kedua dengan baik, kamu bakal lebih enteng didalam membawa dampak CV. Untuk itu tersedia lebih dari satu langkah yang harus kamu ikuti :

  • Cantumkan identitas diri terhadap bagian atas. Bagian pertama yang kamu tulis terhadap anggota atas CV adalah nama lengkap, alamat rumah, nomor telpon, dan alamat email. Jangan lupa untuk menyertakan foto paling baru kamu. Agar keluar lebih profesional.
  • Tulis jenjang pendidikan dengan singkat dan jelas. CV mencantumkan jenjang pendidikan berasal dari TK hingga dengan perguruan tinggi. Namun untuk CV saat ini cuma dicantumkan jenjang pendidikan terakhir atau jenjang pendidikan yang berkaitan dengan pekerjaan yang bakal dilamar.
  • Deskripsikan keterampilan dan pencapaian kamu. Agar lebih menarik, kamu bisa membawa dampak diagram, grafik atau rating untuk menyatakan secara cermat keterampilan dan pencapaian yang udah kamu capai. Cara ini lebih efisien dan efisien serta membawa dampak CV keluar lebih menarik perhatian pembaca.
  • Sebutkan secara spesifik pengalaman kerja dan pelatihan yang udah kamu ikuti. Tulis pengalaman kerja dengan bhs yang semenarik kemungkinan dan tidak membosankan. Kaitkan dengan pekerjaan yang tengah kamu lamar agar kelihatan lebih relevan dan membuktikan bahwa kamu adalah kandidat yang berpotensial.

Langkah 4 : Periksa dan Koreksi Kembali CV Sebelum Dikirim

Jangan pernah bernapas legah sesudah membawa dampak CV. Langkah selanjutnya yang harus kamu melaksanakan adalah bagaimana caranya CV tersebut lebih menarik lagi. Bagian ini benar-benar mutlak di mana kamu bakal melaksanakan proofreading yang bakal menaikkan kualitas CV kamu.

  • Perbaiki tata bahasa dan ejaan. Saat membaca ulang CV, kamu harus memperhatikan tata bhs dan ejaan berasal dari setiap kata yang udah kamu tulis. Hindari penggunaan bhs gaul. Gunakanlah bhs sesuai dengan EYD.
  • Buat kata-kata jadi lebih singkat dan efektif. Dalam membawa dampak CV, kamu bercerita perihal diri kamu dengan kata-kata yang singkat dan efektif, bukan didalam wujud paragraf yang panjang dan bertele-tele.
    Langkah 5 : Analisis CV Kamu

Setelah kamu membaca dan melakukan perbaikan tata bhs dan ejaan, langkah selanjutnya yang harus kamu melaksanakan adalah sebagai tersebut :

  • Baca CV seolah-olah kamu adalah seorang HRD.
  • Minta orang lain untuk membaca CV kamu. Jika kamu belum terasa suka dengan penilaian yang kamu lakukan, datangi seseorang yang udah berpengalaman didalam melaksanakan rekruitmen. Perlihatkan CV yang kamu bikin dan mintalah orang itu untuk memberi tambahan penilaian terhadap CV yang udah kamu buat.

Yang Harus Dihindari – Kesalahan Membuat CV

Dalam membuat CV detail sangat penting untuk diperhatikan, komponen yang harus ada juga jangan sampai terlewatkan. Namun meskipun sudah mengetahui komponen-komponen yang harus ditulis tetap saja masih sering terjadi kesalahan saat menulis CV jika tidak melihat contoh CV. Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam menulis sebuah CV:

  • Salah ketik atau typo. CV adalah sebuah cerminan dari pembuatnya, typo atau salah ketik bisa jadi penafsiran buruk pada pembuatnya. Teliti kembali CV yang dibuat sebelum memutuskan untuk menekan print out, agar CV yang dihasilkan sempurna tanpa kesalahan ketik.
  • Format terlalu kreatif. Membuat CV harus disesuaikan dengan perusahaan yang dituju, atau kepentingan yang dilakukan. Menulis CV untuk melamar pekerjaan tentu akan berbeda dengan CV untuk keperluan presentasi seminar. Untuk lamaran pekerjaan jangan menggunakan format yang terlalu kreatif, karena akan terlihat tidak professional.
  • Data yang ditulis tidak valid. Tulis data sesuai fakta yang nantinya didukung oleh dokumen yang dimiliki. Seperti data diri didukung dengan KTP, data pendidikan didukung ijazah dan lainnya/
  • Satu CV untuk semua lamaran. Seperti tadi sudah dibahas, beda perusahaan seharusnya menggunakan CV yang berbeda. Hal ini karena kualifikasi setiap perusahaan berbeda-beda.
  • Terlalu bertele-tele. CV bukan prosa yang ditulis dengan bahasa bertele-tele sehingga membosankan saat dibaca oleh HRD. Jadi jangan tulis CV dengan bertele-tele agar lamaran pekerjaan bisa diterima.




TERKAIT

TERBARU