site traffic analytics

Cara Menghitung Zakat Mal



Bagi setiap orang muslim, pastinya tahu bahwa Zakat yang merupakan salah satu dari Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Karena itu, bagi setiap umat muslim harus menjalaninya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Namun tidak semua paham bagaimana perhitungan dan cara dalam menunaikan zakat.

Dalam islam, ada berbagai macam zakat, salah satu diantaranya adalah zakat mal. Zakat mal ini adalah zakat hasil usaha yang wajib dikeluarkan seorang muslim jika telah mencapai nisab dengan haul 1 tahun.

Terkait dengan zakat mal itu sendiri, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung zakat mal. Tidak hanya membahas mengenai cara perhitungan zakat mal, pada pembahasan juga akan kami terangkan mengenai syarat zakat mal, nishab dan cara mengeluarkan zakatnya beserta contoh.

Syarat Wajib Zakat

Tidak semua orang muslim wajib untuk membayar zakat dan setidaknya ada 4 syarat bagi seseorang untuk mengeluarkan zakat, diantaranya adalah;

Islam

Ini berarti hanya kaum muslimin atau orang yang beragama Islam saja yang wajib mengeluarkan zakat mal dan tidak ada keharusan bagi kaum non muslim untuk mengeluarkanya.

Merdeka

Syarat selanjutnya adalah harus merdeka dan bukan seorang hamba sahaya. Hal ini dikarenakan hamba sahaya tidak mempunyai harta lantaran seluruh hartanya adalah harta majikan atau tuannya.

Milik Sendiri

Selanjutnya adalah harta yang hendak dizakatkan merupakan milik orang itu sepenuhnya dan dapat diambil manfaat sepenuhnya. Harta yang didapat juga diperoleh dengan proses yang dibenarkan dalam Islam, seperti usaha, pemberian negara atau orang lain, warisan dan cara lain yang sah dan bukan dari cara haram seperti mencuri, mengambil hak orang lain dan lain sebagainya.

Lebih dari Kebutuhan Pokok

Maksud dari syarat ini adalah bahwa harta yang dimiliki melebihi kebutuhan minima yang dibutuhkan seseorang atau keluarga yang menjadi tanggungannya. Seperti kebutuhan primer, kebutuhan hidup minimum seperti pakaian, belanja, rumah, pendidikan, dan kesehatan.

Bebas Hutang

Orang yang mempunyai hutang lantas mengurangi nishab yang harus dibayarkan pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta yang dimiliki orang tersebut bebas dari zakat.

Memiliki nishab

Nishab di atas maksudnya adalah batas terendah yang telah ditetapkan oleh agama untuk menjadi pedoman dalam menentukan kewajiban mengeluarkan zakat. Orang yang mempunyai harta dan telah mencapai nishab atau lebih maka wajib mengeluarkan zakat.

Harta yang Wajib Zakat Mal

Ada banyak jenis harta yang perlu dizakatkan bila sudah nisab. Mulai dari emas, perak, hewan ternak, hasil pertanian (padi) dan lain sebagainya. Berikut adalah harta yang wajib dizakatkan.

Emas dan Perak

Emas dan perak merupakan logam mulia yang juga sering dipakai sebagai perhiasan. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang berkembang. Maka dari itu diwajibkan zakat atas kedua harta tersebut. Zakatnya bisa berupa uang, leburan logam, ukiran, souvenir dan lain sebagainya.

Yang termasuk kategori emas dan perak adalah mata uang yang berlaku pada waktu itu. Dengan kata lain tabungan, deposito, cek, saham dan surat berharga lainnya termasuk dalam kategori emas dan perak. Termasuk juga rumah, tanah, kendaraan dan harta lainnya.

Hasil Pertanian

Hasil pertanian yang wajib dizakatkan meliputi tumbuh-tumbuhan dan tanaman bernilai ekonomis. Contohnya sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, umbi-umbian, tanaman hias dan lain-lain.

Binatang Ternak

Hewan ternak juga masuk ke dalam harta yang wajib dizakatkan. Baik hewan besar seperti sapi, kerbau atau unta, hewan kecil seperti kambing dan domba maupun unggas seperti burung, ayam dan itik.

Harta Perniagaan

Artinya semua yang ditujukan untuk diperjual-belikan. Seperti pakaian, perhiasan, makanan, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

Ma-din dan Kekayaan laut

Ma’din atau hasil tambang merupakan benda yang terdapat dalam perut bumi dan mempunyai nilai ekonomis. Contohnya emas, perak, timah, tembaga, marmer, minyak bumi dan lain-lain. Sedangkan kekayaan laut merupakan segala sesuatu yang didapat dari laut. Seperti mutiara, ambar, marjan dan lain-lain.

Rikaz

Artinya adalah harta terpendam atau harta karun. Juga termasuk harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya.

Syarat Nishab

Harta tersebut di luar kebutuhan yang harus dipenuhi. Contohnya adalah pakaian, makanan, tempat tingal, kendaraan maupun alat yang dipakai untuk berdagang atau mencari penghasilan.

Harta yang dizakatkan telah mengendap selama satu tahun (haul) terhitung dari hari kepemilikan nishab.

Khusus poin kedua dikecualikan untuk zakat pertanian dan buah-buahan. Sebab zakat pertanian maupun buah-buahan dikeluarkan ketika panen. Termasuk juga zakat harta karun yang dikeluarkan saat menemukannya.

Cara Menghitung Nisab Zakat Mal

Ada banyak jenis harta yang perlu dizakatkan bila sudah nisab. Mulai dari emas, perak, hewan ternak, hasil pertanian (padi) dan lain sebagainya. Sebelum membahas cara menghitung zakat mal, maka Anda harus mengetahui nisab dari harta yang Anda miliki. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Maka dari itu setiap umat Islam harus menunaikannya bila memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Hanya saja ada yang bingung ketika ingin menunaikan zakat.

Seperti yang diketahui, ada beberapa macam zakat dalam Islam. Salah satu di antaranya adalah zakat mal. Zakat mal adalah zakat hasil perniagaan atau usaha yang wajib dikeluarkan seorang muslim jika telah mencapai nisab dengan haul 1 tahun.

Pada pembahasan kali ini akan kami bahas seputar cara menghitung zakat mal. Selain menyantumkan perhitungan zakat mal juga akan kami terangkan mengenai syarat zakat mal, nishab dan cara mengeluarkan zakatnya beserta contoh. Silakan simak artikel berikut.

Leave a Comment