site traffic analytics

Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus dan Contoh



Kita sering menjumpai gambaran permukaan bumi dalam bidang datar yang biasa kita sebut Peta. Petalah yang memudahkan kita dalam mencari suatu lokasi daerah atau sekedar ingin mengetahui letak daerah-daerah. Tak hanya itu, kita juga dapat melihat jarak yang sebenarnya dengan hanya bermodalkan sebuah peta. Untuk dapat melihatnya kita membutuhkan skala pada peta yang berbentuk sebuah rasio. Rasio tersebut menunjukkan bahwa semakin besar suatu skala peta, maka semakin detail pula informasi yang tersaji pada peta tersebut.

Skala peta pun memiliki beberapa jenis, berikut jenis-jenisnya:

  1. Skala angka, berbentuk angka yang menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya.
  2. Skala garis atau grafis, ditunjuk dengan garis lurus yang dibagi menjadi beberapa ruas dan setiap rusnya menunjukkan bagian yang sama.
  3. Skala verbal, dinyatakan secara verbal atau dengan menggunakan kalimat.

Perhitungan skala peta juga terbagi menjadi dua macam, yaitu perhitungan skala yang berupa angka dan perhitungan skala yang berbentung batang. Perhitungan tersebut memiliki rumus-rumus tersendiri. Rumusnya sebagai berikut:

  • Rumus Skala Angka:
    • Menghitung Jarak Sesungguhnya
    • Menghitung Skala Suatu Peta

 

Skala = Jarak pada Peta / Jarak Sebenarnya

 

  • Mencari Jarak pada Peta
  • Rumus Skala Batang:

Perhitungan skala pada batang menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang ada di bawah gambar peta. Jarak suatu ruas atau kolom adalah sama. Sedangkan masing-masing ruas mewakili jarak tertentu. Apabila peta dikecilkan, maka kita tetap bisa menggunakan skala batang tersebut sebagai perhitungan tanpa perlu melakukan konversi. Umumnya skala batang memiliki ruas sepanjang 1 cm yang mewakili jarak yang sebenarnya.

 

 

Contoh Perhitungan

  1. Sebuah peta dengan skala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 10 cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut?

Penyelesaian

Jarak yang sebenarnya = Jarak pada Peta : Skala

= 10 : 1 : 10.000.000

= 10 x 10.000.000 : 1

=100.000.000 cm

Jadi, jarak sebenarnya antara kota A dan kota B adalah 100.000.000 cm atau juga bisa diubah menjadi 1000 km.

 

  1. Kota A dan C memiliki jarak pada sebuah peta sebesar 10 cm. Sementara jarak sebenarnya ialah 150 km. Berapakah skala peta tersebut (cm)?

Penyelesaian

Skala      = Jarak pada Peta / Jarak yang sesungguhnya

= 10 / 150.000.000

= 1 : 15.000.000

Jadi, skala peta tersebut adalah 1 : 15.000.000

 

  1. Jarak antara Desa Jati dengan Desa Cendrawasih pada peta dengan skala batang adalah 15 ruas. Satu ruas pada peta tersebut mewakili 1 km, berapa jarak yang sesungguhnya?

 

Penyelesaian

                Jarak pada peta x nominal ruas = 15 x 1

= 15 km (Desa Jati – Desa Cendrawasih)

 

Itulah informasi terkait cara menghitung skala peta beserta contoh-contohnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat!

Leave a Comment