site traffic analytics

Cara Menghitung Persen di Kalkulator



Pada perhitungan matematika sendiri, persentase merupakan salah satu perhitungan yang sangat dasar. Namun bukan berarti semua orang memahaminya dengan baik. Ada beberapa yang kesulitan melakukan perhitungan persen baik secara manual maupun menggunakan alat kalkulator. Berhubungan dengan hal itu, pada pembahasan kali ini, kita akan menginformasikan kepada para pembaca cara menghitung persen di kalkulator.

Dalam dunia matematika sering kali kita menggunakan alat bantu hitung, yaitu kalkulator. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menghitung persen di kalkulator. Pada dasarnya cara menghitung persen di seluruh kalkulator tidak jauh beda. Yang membedakan hanyalah terletak pada lambang pengoperasiannya dan tata letak tombolnya. Seiring dengan pperkembangan jaman, kalkulator sekarang tidak hanya ada pada alat tersendiri saja, namun sudah ada pada berbagai gadget lain, seperti pada hp, komputer dan berbagai alat lainnya.

Perhitungan cara menghitung persen sendiri sebenarnya sama antara berbagai alat seperti di kalkulator HP dan kalkulator standar. Misalnya cara menghitung persen di kalkulator Casio sama dengan cara menghitung persentase di kalkulator hp android. Namun yang membedakan adalah lambang pengoperasiannya dan tata letak tombol-tombolnya. Sebelumnya kita lihat dulu apa saja jenis kalkulator yang lazim dijumpai.

Kalkulator Casio

Jenis Kalkulator

Ada beberapa jenis kalkulator yang lazim kita jumpai. Berikut jenisnya:

  • Kalkulator standar, jenis yang paling banyak dipakai, baik di kantor, toko, dan lain-lain. Tombolnya yang terbatas dapat memudahkan pengguna mengoperasikan pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase, dan akar. Biasanya digunakan untuk perhitungan yang tidak rumit.
  • Kalkulator ilmiah atau kalkulator scientific, jenis yang mempunyai fungsi yang lebih lengkap. Kalkulator ini dilengkapi dengan tombol pangkat, sin, cos, tan, logaritma, dan lain sebagainya.

 

Rumus Persentase

Persentase = (Bagian x Seluruh) x 100%

Lalu untuk mencari nilai sesungguhnya dari suatu persentase dapat dicari dengan menggunakan rumus:

Bagian = (Persentase x 100%) x Seluruh

Cara Menghitung Persen Menggunakan Kalkulator

Rumus yang digunakan sama, hanya saja kita tiak perlu menghitungnya sendiri karena tinggal memasukkan nominal pada alat bantu hitung.

Contoh

Seorang anak memiliki 100 butir kelereng. Lalu 20 kelereng ia berikan ke pada temannya. Berapa persenkah 20 kelereng itu?

Jawab:

  • Masukkan angka 20 lalu tekan tombol bagi ()
  • Ketik angka 100
  • Tekan tombol kali (x)
  • Masukkan angka 100
  • Lalu tekan tombol sama dengan (=)

Maka hasilnya adalah 20 %

Cara Menghitung Diskon Persen di Kalkulator

Pengaplikasian langsung cara menghitung persen adalah ketika adanya diskon di toko. Cara menghitung ini memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang suka membeli barang diskon. Berikut ini rumus menghitung diskon;

Nilai Diskon = Nilai Persen x Nilai Pecahan (Harga Sebelum Diskon)

Ada kaos yang dijual dengan harga Rp 100.000. Baju itu memperoleh diskon 20%. Berapa harga baju setelah mendapat diskon?

Pada kalkulator, cara menghitungnya sama saja. Pertama masukkan angka 20/100 yang merupakan bentuk pecahan dari 20%. Setelah itu tekan tombol kali dan masukkan 100000 tanpa tanda titik. Tekan tanda sama dengan maka muncul hasil 20000 yang merupakan besaran diskon dinyatakan dalam bentuk Rupiah. Berikutnya adalah mengurangi Rp 100.000 dengan Rp 20.000 dan didapat harga Rp 80.000.

Masih ada cara lainnya, yakni dengan memasukkan angka 20 lalu tekan tombol persen (%). Maka akan muncul angka 0,2 yang merupakan bentuk desimal dari 20%. Setelah itu tekan tombol kali dan diikuti 100000. Maka hasilnya sama saja dengan hasil di atas.

Itulah informasi seputar cara menghitung persen di kalkulator. Semoga informasi cara menghitung persen di kalkulator dapat membantu para pembaca dalam menghitung persen dalam kegiatan sehari-hari, seperti ketika adanya diskon barang. Sampai bertemu di kesempatan lain mengenai informasi membantu lainnya.

Kata Kunci :

  • cara mencari persen dikalkulator scientif
  • cara hitung diskon di kalkulator
  • cara menghitung persen di kalkulator scientific
  • cara menghitung persen di kalkulator ilmiah
  • cara menghitung persen di kalkulator citizen
  • cara menghitung persen di kalkulator casio fx115ms
  • cara menghitung persen di kalkulator casio
  • cara menghitung persen di kalkulator android
  • cara menggunakan persen di kalkulator casio
  • cara menggunakan kalkulator casio dalam fitur persen

Leave a Comment