Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN 2018

1 min read

Siswa-siswi yang baru lulus setingkat SMA/SMK/MA yang berniat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi idaman, biasanya akan melalui beberapa jenis cara masuk PTN idaman. Pertama, harapan pertama biasanya melalui jalur undangan atau SNMPTN, jalur dua (melalui tes) yakni SBMPTN dan ketiga melalui jalur mandiri.

Didalam menembak target, para siswa sebaiknya mengetahui benar akan targetnya. Alangkah baiknya jika para siswa yang ingin diterima pada PTN idaman, tahu benar akan akreditas universitas, fakultas dan tak lupa passing gradenya.

Apa Passing grade?

Passing grade adalah Batas minimal yang dipakai sebagai acuan atau tolok ukur untuk memilih suatu jurusan didalam satu universitas. Rata-rata Passing grade biasanya terdapat diantara angka 40%-50%, maka jika Passing grade dibawah 40% maka persaingan untuk mendapatkan kursi dijurusan itu relatif gampang.

Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN 2018

Tapi apakah anda semua tahu bagaimana cara menghitung Passing grade disetiap jurusan diperguruan tinggi? Artikel ini akan membahas tuntang bagaimana cara menghitung Passing grade pada sebuah jurusan diperguruan tinggi. Bagi anda para siswa-siswi, orang tua dan siapapun yang penasaran terkait cara menghitung Passing grade, semoga informasi ini sangat membantu.

Keterangan Rumus :

JS = Jawaban Soal

B = Jumlah jawaban benar

S = Jumlah jawaban salah

Proporsi bobot SBMPTN adalah :

Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) = 30%

Tes Bidang Study Prediktif = 70%

Cara menghitungnya :

Hitung dulu nilai TKPA, yang rumusnya : (4x (total benar)-(total salah) : (4x total soal TKPA) x 100% = Nilai TKPA

Lalu hitunglah nilai TBSP, yang rumusnya :

(4x(total benar)-(total salah): (4x total soal TBSP)x100%=nilai TBSP

Langkah terakhir adalah,

Nilai passing grade terakhir dihitung (30% dari nilai TKPA + 70% dari nilai TBSP) / 100 = Akan menghasilkan Passing Grade.

Demikianlah cara sederhana menghitung passing grade. Bagi anda semua yang ingin memasuki PTN yang diinginkan semoga tercapai. Passing grade hanya sebuah passing grade, yang paling menentukan tetaplah kerja keras kalian dalam belajar untuk mencapai tujuan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *