Cara Menghitung Berat Badan Wanita

Berat badan bagi perempuan adalah hal yang sedikit sensitif untuk dibicarakan karena notabene nya perempuan-perempuan sekarang akan tertekan jika berat badannya melebihi ekspektasinya. Berat badan bagi perempuan, tidak hanya mempengaruhi kesehatan tapi juga penampilan karena perempuan adalah mahluk yang lebih menjaga penampilan daripada pria, tapi disini tidak bisa diputuskan bahwa pria tidak bisa menjaga penampilan, tentu mereka juga tetap menjaga penampilan. Lalu bagaimana cara kita menghitung berat badan ideal bagi wanita? Ok mari kita bahas.

Cara Menghitung Berat Badan Wanita

Cara menghitung berat badan wanita menggunakan BMI (Body Mass Index), antara pria dan wanita, rumus BMI nya sama, hanya saja pengkategoriannya berbeda, berikut rumusnya :

BMI = Berat Badan (Kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Contoh : Tinggi badan Safira adalah 169 cm dan BB 70 Kg, untuk menghitung berat badan ideal safira, maka kita harus mengubah tinggi badan safira, dari satuan cm menjadi m. Lalu baru kita bisa memasukkannya kedalam rumus, sebagaimana berikut:

BMI = 70 : (1,69 x 1,69) = 24,5

Berikut kategorisasi skor BMI untuk perempuan

BMI < 18 = Kategori kurus, banyak konsumsi makanan berkarbohidrat

BMI 18-25 = Kategori Normal, bentuk tubuh ideal, pertahankan itu dan jaga pola makanmu

BMI 25-27 = Kategori Gemuk, kurangi makanan berkalori dan rajin olah raga minimal 2x seminggu

BMI > 27 = Kategori Obesitas, harus diet

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa berat safira termasuk kategori normal, dikarenakan nilai BMInya kisaran 18-25 yaitu 24,5.

Berikut cara menghitung berat badan perempuan, dengan kita mengetahui BB kita termasuk kategori yang mana, kita bisa mengambil keputusan akan menambah atau malah mengurangi berat badan kita.

Leave a Comment