Cara Menghitung Berat Badan Pria

Berat badan tentu masih menjadi momok terbesar manusia didunia. Berat badan yang berlebih menyimpan dampak-dampak negatif yang tentu saja tidak bisa diremehkan. Bagi pria pun, berat badan tentu mempengaruhi penampilan dan juga kesehatan fisiknya. Sebagian besar dari kita, belum tahu benar cara menghitung berat badan untuk pria. Lalu bagaimana menghitung berat badan pria dengan benar? Mari kita bahas.

Cara Menghitung Berat Badan Pria

Terdapat 2 cara efektif untuk mengukur berat badan pria, yang pertama adalah menggunakan BMI (Body Mass Index) dan yang kedua menggunakan rumus brocha. Mengukur berat badan pria dengan BMI, berikut caranya :

Rumus

BMI = Berat Badan (Kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Contoh : Tinggi badan Aji adalah 169 cm dan BB (Berat badan) adalah 70 Kg, untuk menghitung berat badan ideal yang dibutuhkan aji, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengubah tinggi badan aji, dari satuan cm menjadi m. Lalu baru kita bisa memasukkannya kedalam rumus, sebagaimana berikut:

BMI = 70 : (1,69 x 1,69) = 24,5

Hasil 24,5 masih nilai BMI nya dan untuk tahu berat badan ideal pria, kita harus melihat dulu pengkategorian BMI khusus pria, berikut penjelasannya.

BMI < 17 = Kategori kurus

BMI 17-23 = Kategori Normal

BMI 23-27 = Kategori Gemuk

BMI > 27 = Kategori Obesitas

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa berat Aji termasuk kategori gemuk, dikarenakan nilai BMInya kisaran 23-27 yaitu 24,5.

Sedangkan cara kedua untuk menghitung berat badan ideal pria adalah menggunakan rumus brocha, berikut rumusnya :

Jika pria dengan tinggi badan 175 cm, mari kita mencari berat idealnya :

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria, dengan berat badan 175 cm tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Demikian tata cara menghitung berat badan ideal pria menggunakan BMI dan rumus brocha, dengan mengetahui berat badan ideal dan pengkategoriannya, kita bisa memutuskan untuk meningkatkan berat badan atau malah diet (mengurangi berat badan kita) semoga bermanfaat.

Leave a Comment