Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Wanita, Pria, dan Anak

Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Wanita, Pria, dan Anak

Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh seseorang namun banyak yang tidak menghiraukannya dan baru sadar ketika seseorang baru sakit. Berkaitan dengan kesehatan sendiri, berat badan juga menjadi salah satu tolak ukur dan cara menjaga kesehatan, karena itu kali ini kami membahas Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Wanita, Pria, dan Anak.

Memiliki tubuh ideal adalah keinginan dan impian bagi semua orang. Entah itu wanita, maupun pria. Beberapa upaya dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal dan sesuai yang diharapkan. Mulai dari melakukan diet, olahraga, hingga mengonsumsi obat-obatan yang sebenarnya sangat berbahaya. Sebelum memulai melakukan beberapa upaya untuk menunjang perbaikan tubuh kita, sebaiknya kita tau dahulu sudah ideal atau belum tubuh kita. Hal ini berguna untuk menetapkan target dalam memenuhi harapan tubuh ideal kita. Caranya adalah dengan menghitung berapa berat badan ideal kita.

CaraMenghitung Berat Badan

Cara ini tidaklah rumit, bahkan sederhana sekali. Ada beberapa macam, misalkan dengan menggunakan Body Mass Index (BMI) atau rumus Brosca.

Body Mass Index (BMI)

BMI merupakan perhitungan berdasarkan tinggi dan berat badan. Perhitungan ini dipakai untuk mengkategorikan kita dalam tahap kurus, gemuk, atau bahkan obesitas. Cara ini dapat digunakan oleh orang yang berusia 20 tahun. Namun, rumus ini dirasa kurang cocok untuk atlet atau olahragawan, sebab biasanya mereka mengukur dengan melihat massa otot.

Seorang yang dikatakan normal bila angka pada BMI menunjukkan 18,5 – 25. Apabila BMI > 25, maka orang tersebut berada dalam kategori kelebihan berat badan dalam kondisi ringan yang memiliki resiko terkena beberapa penyakit. Seperti diabetes level 2, kanker, penyakit jantung, hingga kerusakan pada tulang atau persendian. Sedangkan apabila BMI > 40, maka orang tersebut dalam tataran obesitas yang berbahaya. Selain kelebihan, apabila angka BMI<18 maka orang tersebut berpotensi terkena osteoporosis. Maka dari itu, apabila angka BMI tidak berada pada skala 18,5-25, maka disarankan untuk segera menghubungi dokter.

Cara perhitungannya:

Berat Tubuh Ideal = Berat Badan (KG) / [Tinggi Badan (M)]2

Contoh

Seseorang memiliki berat badan 55 kg. Sedangkan tinggi badannya mencapai 1,56 m. Maka nilai BMI adalah 55 / (1,56)2 = 55 / 2.4336 = 22. Maka orang tersebut masih dalam tataran yang normal.

Untuk mengetahui lebih jelas berat badan ideal pada Pria, Wanita,maupun Anak, simak penjelasan di bawah ini.

Standar BMI bagi Pria

BMI < 17 (under weight / kurus) (perlu menambah asupan makanan atau kalori)

BMI 17-23 (normal weight / normal)

BMI 23 – 27 (over weight / kegemukan)

BMI > 27 (obesitas) (perlu berkonsultasi dengan dokter)

Standar BMI pada Wanita

BMI < 18 (under weight / kurus) (perlu menambah asupan makanan atau kalori)

BMI 18 – 25 (normal weight / normal)

BMI 25 – 27 (over weight / kegemukan)

BMI > 27 (obesitas) (perlu berkonsultasi dengan dokter)

Rumus Brosca

Selain BMI, kita juga dapat menggunakan rumus Brosca. Rumus ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Rumusnya ialah:

(Tinggi Badan (cm)- 100) – ((Tinggi Badan (cm) – 100) x 10%)

Contoh :

Seseorang wanita memiliki berat badan 55 kg. Sedangkan tinggi badannya mencapai 156 cm.

Perhitungannya:

(156-100) – ((156 – 100) x 100%)) = 56 – (56 x 10%)

= 56 – 5.6

=50.4 kg

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Perhitungan berat badan pada anak dapat dijadikan acuan utnuk melihat apakah kesehatan anak dalam kondisi baik atau tidak. Pada perhitungan ini, rumus dibagai menjadi dua, yaitu pada usia 0-12 bulan dan 1-10 tahun.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal anak 0-12 Bulan

Berat Badan Ideal = ((Umur (bulan) : 2) + 4

Contoh:

Anak berumur 7 bulan, maka berat badan idealnya ialah (7:2) + 4 = 7,5 kg

Sedangkan untuk anak usia 1-10 tahun, rumusnya ialah:

Berat Badan Ideal = (2x Umur (thn)) + 8

Contoh:

Anak berumur 8 tahun, maka berat idealnya ialah (2 x 8) + 8 = 24 kg

Beberapa rumus tadi tidak terlalu rumit bukan? Selain manual, kita tentunya juga bisa menghitungnya melalui aplikasi online atau kalkulator berat badan yang lain. Berat badan ideal kita dapat menjadi acuan target pembentukan berat badan sesuai yang diharapkan dan melihat kondisi kesehatan anak maupun orang tua. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment