Cara Menghitung Akar Pangkat 2, 3, 4, 5 dan Contoh Soal

Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar hingga bangku kuliah. Matematika seakan menjadi sebuah momok tersendiri bagi seorang pelajar. Ilmu hitung ini sering kali disebut sebagai mata pelajaran yang paling menyeramkan bagi siswa. Terlebih lagi soal-soal akar. Siswa seakan merasa bahwa untuk menyelesaikan soal-soal akar dibutuhkan rumus yang rumit dan susah. Namun, sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah dalam mempelajarinya, misalnya degan menghafal rumus dan memahami bagaimana cara menghitungnya.

Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasan akar pangkat 2,3,4, dan 5 di bawah ini!

  1. Akar Kuadrat

Akar kuadrat atau akar pangkat dua memang terbilang lebih mudah apabila hanya ada dua atau tiga saja. Lalu bagaimana apabila angkanya ribuan? Sulitkah? Memang terdengar sangat sulit untuk diselesaikan. Terlebih pengerjaannya dilakukan secara manual atau tanpa alat bantu hitung.

Untuk memudahkan pengerjaan secara manual dibutuhkan rumus-rumus yang mudah dipahami. Rumus yang digunakan pun tidak hanya satu, terdapat beberapa yang bisa dipilih dan walaupun begitu hasilnya akan tetap sama.

Berikut akan kami bahas secara mendalam informasi tersebut agar dapat memudahkan pembaca dalam memahami soal-soal terkait akar. Dari akar pangkat dua hingga akar pangkat lima. Informasi yang kami sediakan berupa cara menghitung akar kuadrat dan akar pangkat tiga secara manual. Sementara untuk akar pangkat 4 dan 5 dengan bantuan kalkulator.

Cara Menghitungnya

Akar kuadrat atau akar pangkat dua () ialah bilangan nol yang jika dikuadratkan akan menghasilkan bilangan itu sendiri (a). Untuk menghitungnya memang lebih mudah jika dibandingkan dengan akar pangkat 3, 4, atau 5. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitungnya, namun cara di bawa ini adalah salah satu cara yang termudah yang bisa menjadi acuan pembaca dalam memahami soal.

Contoh

Hasil dari ialah….

Maka cara menghitungnya…

Langkah pertama ialah melihat digit terakhir dari soal tersebut. Dalam contoh, angka terakhirnya adalah 4. Maka akar dari bilangan tersebut adalah 2 atau 8 (2×2=4 atau 8×8=64)

Untuk memudahkannya, simak tabel berikut:

Angka kuadrat Angka terakhir akarnya
…1 1 atau 9
…4 2 atau 8
…5 hanya 5
…6 4 atau 6
…9 3 atau 7
…0 hanya 0

 

Apabila sudah melihat tabel tersebut, langkah selanjutanya ialah melihat bilangan paling depan sebanyak jumlah digit bilangan dikurangi 2. Hal ini dikhususkan untuk angka atas 100. Pada contoh, terdapat 4 digit angka, maka 4-2=2. Dengan begitu kita mencermati 2 digit paling depan, yaitu 23. Selanjutanya, mencari bilangan kuadrat tepat di bawah bilangan tadi (23). Bilangan kuadrat yang tepat di bawahnya adalah 16 yang bila dilihat hasil akarnya ialah 4.

Setelah melihat hasil akar dari bilangan bawahnya, maka langkah berikutnya ialah menggabungkan bilangan-bilangan yang telah ditemukan di awal (4 dengan 2 dan 4 dengan 8). Maka, bisa kita lihat hasil dari bisa jadi 42 atau 48. Kita bisa mencari tahu mana yang benar dengan mencoba mengkuadratkannya. Dari contoh tersebut, yang benar ialah 48.

  1. Cara Menghitung Akar Pangkat 3

Setelah kita memahami cara penghitungan akar pangkat 2, selanjutnya kita akan membahas mengenai perhitungan akar pangkat 3. Pangkat 3 sendiri merupakan suatu bilangan yang diperoleh dari hasil perkalian bilangan bulat tersebut dengan dirinya sendiri sebanyak 3 kali. Sama halnya seperti cara menghitung akar kuadrat, dalam perhitungan manual akar pangkat 3 ada beberapa metode. Berikut kami paparkan salah satu cara cara menghitung akar pangkat 3 yang mudah dipahami.

Untuk dapat memahami lebih mudah, simak tabel berikut:

Bilangan Pangkat 3 Satuannya
0 satuannya 0
1 satuannya 1
8 satuannya 8
27 satuannya 7
64 satuannya 4
125 satuannya 5
216 satuannya 6
343 satuannya 3
512 satuannya 2
729 satuannya 9

 

= …

Pembahasannya sebagai berikut:

  • Langkah pertama ialah melihat satuan dari bilangan 2744, yaitu 4. Angka 4 adalah satuan dari 4x4x4. Maka satuan dari adalah 4
  • Selanjutnya untuk mengetahui puluhannya, kita melihat bilangan setelah 3 angka dari belakang. Dalam soal tersebut adalah 2
  • Kemudian, kita mencari bilangan yang jika dipangkatkan dengan tiga hasilnya kurang dari sama dengan 2. Dalam hal ini adalah 1, sebab 1x1x1=1; 1<2
  • Gabungkan hasil tadi (1 dan 4). Jadi, hasil dari adalah 14

 

  1. Cara Menghitung Akar Pangkat 4

Dalam beberapa soal matematika yang rumit, kita akan menjumpai akar pangkat 4. Akar pangkat tersebut memang terbilang susah dan rumit. Soal yang berkaitan dengan akar pangkat 4 tentunya akan mudah apabila dikerjakan dengan alat bantu hitung.

Caranya sangat mudah dan cepat, yaitu:

  • Ketik angka yang akan dicari akar pangkat 4nya
  • Tekan tanda akar pangkat
  • Masukkan angka
  • Tekan tombol =

Mudah sekali bukan?

  1. Cara Menghitung Akar Pangkat 5

Sama halnya dengan akar pangkat 4, akar pangkat 5 merupakan soal yang terbilag rumit dan harus menggunakan alat bantu hitung.

Contohnya apabila kita ingin mencari hasil dari = …

Maka caranya adalah:

  • Ketik angka 7776
  • Tekan tanda akar pangkat, diikuti dengan angka 5
  • Tekan tombol sama dengan (=)
  • Maka muncul hasilnya adalah 6

 

Selain kalkulator sebenarnya ada alat bantu hitung yang lain, misalkan Microsoft Excel. Namun, sepertinya kalkulator dirasa masih lebih flexibel apabila digunakan melihat bentuknya lebih kecil dan mudah dibawa ke mana saja.

Beberapa cara di atas tentunya dapat digunakan sebagai acuan pembaca agar lebih mudah memahami soal-soal akar yang terbilang rumit. Selamat mencoba!

Kata Kunci :

  • akar pangkat 2 dari 3
  • cara mencari akar 5 di kalkulator
  • cara mencari akar pankat 5
  • hasil dari 4 pangkat 2 *4
  • mencari akar pangkat 5

Leave a Comment